ETIKA DALAM BERBISNIS
PENGERTIAN
ETIKA BISNIS ADALAH STANDAR-STANDAR BERPRILAKU DAN NILAI-NILAI MORAL YANG MENGATUR
TINDAKAN-TINDAKAN DAN KEPUASAN-KEPUASAN DALAM LINGKUNGAN KERJA.
DISAMPING ITU BISNIS JUGA HARUS MEMPERTIMBANGKAN BERAGAM
MASALAH-MASALAH SOSIAL TERMASUK BAGAIMANA SUATU KEPUTUSAN AKAN MEMPENGARUHI
LINGKUNGAN, KARYAWAN DAN PELANGGAN
PERANAN INDIVIDU
LINGKUNGAN BISNIS DEWASA INI, PERAN INDIVIDU DAPAT MEMBUAT
PERBEDAAN DALAM HAL EKSPEKTASI DAN PRILAKU ETIS, KETIKA PARA EKSEKUTIF, MANAJER
DAN KARYAWAN MENUNJUKKAN PRINSIP-PRINSIP ETIKA PRIBADI
PENGEMBANGAN ETIKA INDIVIDUAL
INDIVIDU-INNDIVIDU PADA UMUMNYA
MENGEMBANGKAN STANDAR-STANDAR ETIKA DALAM TIGA TAHAP: YAITU:
1. TAHAP PRAKONVENSIONAL YAITU
INDIVIDU UTAMANYA AKAN MEMIKIRKAN KEBUTUHAN DAN KEINGINAN MEREKA SENDIRI DALAM
MENGAMBIL KEPUTUSAN, MEREKA MEMATUHI ATURAN-ATURAN EKSTERNAL HANYA KARENA
MEREKA TAKUT MENDAPAT HUKUMAN ATAU BERHARAP AKAN MENERIMA IMBALAN JIKA
MEREKA MEMATUHINYA
2. TAHAP KONVENSIONAL YAITU
INDIVIDU TELAH MENGETAHUI DAN BERTINDAK SEBAGAI RESPONS ATAS TANGGUNG JAWAB MEREKA KEPADA ORANG LAIN
TERMASUK KEWAJIBAN MEREKA KEPADA PARA ANGGOTA KELUARGA , REKAN KERJA DAN
ORGANISASI
3. TAHAP PASCA KONVENSIONAL YAITU
KETIKA INDIVIDU TELAH BERGERAK KE
LUAR DARI HANYA SEKEDAR MEMIKIRKAN
KEPENTINGAN PRIBADI DAN TANGGUNG JAWAB
MENJADI IKUT MEMPERTIMBASNGKAN PULA KEBUTUHAN MASYARAKAT, DALAM KONTEK
INI MERUPAKAN PENCERMINAN TINGKAT ETIKA
DAN PRILAKU MORAL YANG TERTINGGI
TANTANGAN UMUM ETIKA
BISNIS
1. KONFLIK KEPENTINGAN .CONFLICT
OF INTEREST, HAL INI TERJADI KETIKA SEORANG PELAKU BISNIS BERHADAPAN DENGAN
SITUASI, DIMANA SATU TINDAKAN YANG MENGUNTUNGKAN SESEORANG ATAU SATU KELOMPOK
MEMILIKI POTENSI MERUGIKAN ORANG LAIN.
2. KEJUJURAN DAN INTEGRITAS,, HAL
INI DAPAT DIPAHAMI BAHWA SEORANG KARYAWAN YANG JUJUR DAPAT DIPERCAYA UNTUK
MENGATAKAN KEBENARAN, DAN SEORANG
KARYAWAN DENGAN INTEGRITAS BERTINDAK
LEBIH DARI SEKEDAR JUJUR
3. KESETIAAN VERSUS KEBENARAN, DIMANA SETIAP PELAKU BISNIS
BERHARAP KARYAWANNYA SETIA DAN BERTINDAK ATAS DASAR KEPENTINGAN TERBAIK
PERUSAHAAN, AKAN TETAPI KETIKA KEBENARAN DARI SEBUAH PERUSAHAAN TERNYATA TIDAK
MENGUNTUNGKAN MAKA AKAN TIMBUL KONFLIK
KEPENTINGAN, SEHINGGA INDIVIDU HARUS DAPAT MEMILIH ANTARA KESETIAAN PADA PERUSAHAAN DAN KEBENARAN DALAM
KALANGAN BISNIS
4. PEMBERIAN INFORMASI YAITU
PENGUNGKAPAN KARYAWAN KEPADA BADAN PEMERINTAH
YANG BERWENANG ATAU MEDIA MENGENAI PRAKTEK-PRAKTEK ILEGAL , AMORAL ATAU
TIDAK ETIS YANG DILAKUKAN OLEH SUATU ORGANISASI
HAL-HAL
YANG JUGA HARUS DIPERHATIKAN DALAM KERANGKA MENGEMBANGAN ETIKA BISNIS ANTARA
LAIN ADALAH:
1. PEMIKIRAN YANG ETIS
2. TINDAKAN ETIS
3. KEPEMIMPINAN ETIS
DISAMPING ITU, PERUSAHAAN
JUGA HARUS DIPAHAMI HARUS
MEMILIKI TANGGUNG JAWAB SOSIAL ( SOCIAL RESPONSIBILITY) YAITU DUKUNGAN
MANAJEMEN TERHADAP KEWAJIBAN UNTUK MEMPERTIMBANGKAN LABA, KEPUASAN PELANGGAN
DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT SETARA DALAM MENGEVALUASI KINERJA PERUSAHAAN. HAL
TERSEBUT DAPAT DILIHAT DALAM EMPAT BENTUK YAITU:
1. TANGGUNG JAWAB SOSIAL KEPADA
PELANGGAN, HAL INI DAPAT DIPAHAMI DALAM BENTUK HAK UNTUK MENPATKAN KEAMANAN,
HAK UNTUK MENDAPATKAN INFORMASI, HAK UNTUK MEMILIH DAN HAK UNTUK DIDENGAR
2. TANGGUNG JAWAB SOSIAL
KEPADA KARYAWAN, YAITU KESELAMATAN
TEMPAT BEKERJA, MASALAH KUALITAS
KEHIDUPAN, MEMASTIKAN ADANYA KESETARAAN
KESEMPATAN KERJA, DISKRIMINASI USIA, PELECEHAN SEKSUAL
3. TANGGUNG JAWAB SOSIAL KEPADA
MASYARAKAT UMUM, BAIK DALAM KONTEK MASALAH KESEHATAN MASYARAKAT MAUPUN MASALAH PEMELIHARAAN LINGKUNGAN HIDUP
4. TANGGUNG JAWAB KEPADA INVESTOR DAN KOMUNITAS SEKTOR
KEUANGAN, MESKIPUN SASARAN MENDASAR DARI
SETIAP BISNIS ADALAH UNTUK MEMBERIKAN
LABA KEPADA PEMEGANG SAHAMNYA, INVESTOR DAN KOMUNITAS SEKTOR KEUANGAN MENUNTUT
BISNIS TERSEBUT BERPRILAKU ETIS SEKALIGUS LEGAL
ISTILAH YG DIKENAL DALM BERBISNIS
YAITU :
1. NILAI
PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP KESEIMBANGAN
ANTARA NILAI-NILAI POSITIF SUATU BARANG ATAU JASA DENGAN HARGANYA
2. KUALITAS
APA YANG DAPAT DIPEROLEH DAN BERSDIA DIBAYARKAN OLEH KONSUMEN......
KONSUMEN HANYA MEMBAYAR APA YANG
BERMANFAATDAN MEMBERIKAN NILAI BAGI MEREKA
3. KEPUASAN KONSUMEN
KEMAMPUAN SUATU BARANG ATAU JASA UNTUK
MEMENUHI ATAU MELEBIHI KEBUTUHAN DAN KEINGINAN PEMBELI
4. PRODUCTIVITY
HUBUNGAN ANTARA JUMLAH UNIT YANG
DIPRODUKSI DENGAN JUMLAH MANUSIA DAN INPUT PRODUKSI LAINNYA YANG DIBUTUHKAN
UNTUK MEMPRODUKSI UNIT TERSEBUT
5.TOTAL PRODUKSI
OUTPUT (BARANG ATAU JASA) : INPUT (MANUSIA / SUMBERDAYA ALAM=MODAL)
Komentar