KEBIJAKAN FISKAL DALAM BISNIS INTERNASIONAL
KETIKA BERBICARA DALAM KONTEKS KEBIJAKAN FISKAL, HAL INI
DAPAT DILALUI MELALUI MEKANISME
KEPUTUSAN-KEPUTUSAN PERPAJAKAN
DAN PEMBELANJAAN, ANTARA LAIN MELALUI PEMOTONGAN PAJAK BESAR-BESARAN YANG DIRANCANG AGAR DAPAT
MEMBERIKAN RANGSANGAN BAGI PEREKONOMIAN UNTUK MENGAKHIRI INFLASI YANG MASIH
MELEKAT, NAMUN KADANG KALA KEBIJAKAN INIPUN JUGA BERDAMPAK TERHADAP TERJADINYA DEFISIT ANGGARAN (BUDGET DEFICIT),
DIMANA PAJAK TIDAK SELALU DAPAT
MENGHASILKAN CUKUP DANA UNTUK
MENUTUPI SELURUH PROYEK
PENGELUARAN YANG DIHARAPKAN AKAN
DILAKUKAN PEMERINTAH SEHINGGA KEBIJAKAN
BIASANYA DIAMBIL DALAM BENTUK PENJUALAN
SURAT UTANG NEGARA /SUN DAN OBLIGASI NEGARA KEPADA PARA INVESTOR.
NAMUN KETIKA PEMERINTAH
MENERIMA LEBIH BANYAK UANG DARIPADA YANG DIKELUARKAN MAKA KONDISI
SEPERTI INI DISEBUT DENGAN SURPLUS ANGGARAN (BUDGET SURPLUS)
MEKANISME INTERNASIONAL
YANG TIDAK DAPAT DIPISAHKAN DALAM DUNIA BISNIS ADALAH MEKANISME EKSPOR
DAN IMPOR
EKSPOR ADALAH:
BARANG DAN JASA PRODUKSI DOMESTIK YANG DIJUAL KE PASAR-PASAR DI NEGARA-NEGARA
LAIN
IMPOR ADALAH
PRODUK BUATAN ASING YANG DIBELI
KONSUMEN-KONSUMEN DOMESTIK
PERDAGANGAN INTERNASIONAL MERUPAKAN HAL YANG VITAL
BAGI SEBUAH NEGARA DAN BIASANYA KARENA HAL INI AKAN MENDORONG PERTUMBUHAN EKONOMI DENGAN MENYEDIAKAN PASAR BAGI PRODUK-PRODUKNYA DAN AKSES
KE SUMBER DAYA YANG DIBUTUHKAN
POTENSI PENJUALAN BARANG ATAU JASA KEPADA NEGARA ASING SEBAGIAN BESAR AKAN BERGANTUNG PADA ASPEK KEUNGGULAN ABSOLUT DAN KEUNGGULAN
KOMPARATIF
KEUNGGULAN ABSOLUT TERJADI KETIKA SUATU NEGARA DALAM MEMBUAT SUATU PRODUK BILAMANA DAPAT MEMPERTAHANKAN MONOPOLI
ATAU DAPAT MEMPRODUKSI DENGAN BIAYA YANG
LEBIH RENDAH DARIPADA PARA PESAINGNYA
KEUNGGULAN KOMPARATIF
TERJADI KETIKA SUATU
NEGARA DAPAT MEMASOK PRODUK TERSEBUT
SECARA LEBIH EFISIEN
DENGAN HARGA YANG LEBIH RENDAH DARIPADA JIKA MEMASOK PRODUK-PRODUK YANG
LAIN
PARAMETER DALAM KERANGKA MENGUKUR BISNIS GLOBAL
:
- NERACA PERDAGANGAN (BALANCE OF
TRADE) YAITU: PERBEDAAN
ANTARA NILAI EKSPOR DAN IMPOR
- NERACA
PEMBAYARAN (BALANCE OF
PAYMENT) YAITU PERBEDAAN ANTARA
JUMLAH ARUS UANG MASUK DAN
KELUAR SEBUAH NEGARA
- NILAI TUKAR
(EXCHANGE RATE) YAITU NILAI
MATA UANG SATU NEGARA
TERKAIT DENGAN MATA UANG
NEGARA LAIN
HAMBATAN DALAM
BISNIS INTERNASIONAL
- INFRASTRUKTUR
ADALAH SISTEM DASAR KOMUNIKASI, TRANSPORTASI DAN FASILITAS LISTRIK
- KONVERSI DAN PERGERAKAN MATA UANG YAITU PERBEDAAN
ANTARA MATA UANG LOKAL YANG DIKONVERSI KE DALAM MATA UANG ASING
- IKLIM
POLITIK
- LINGKUNGAN
HUKUM, KETIKA BERBICARA DALAM KONTEKS INI TERDAPAT TIGA DIMENSI LINGKUNGAN
HUKUM YAITU: HUKUM AMERIKA SERIKAT, REGULASI INTERNASIONAL
DAN HUKUM DIMANA MEREKA BERENCANA
BERDAGANG, SEPERTI UU PRAKTIK
KORUPSI ASING (FOREIGN CORRUPT PRACTICES ACT)MELARANG PERUSAHAAN AMERIKA MENYUAP
PEJABAT-PEJABAT, KANDIDAT POLITIK
ATAU PERWAKILAN PEMERINTAH ASING,
SEMENTARA DALAM KONTEKS REGULASI INTERNASIONAL, HAL INI DILALUI
DENGAN MEKANISME RATIFIKASI KESEPAKATAN-KESEPAKATAN DAN
PERJANJIAN-PERJANJIAN TERTULIS YANG
MENENTUKAN PELAKSANAAN BISNIS INTERNASIONAL DAN MELINDUNGI SEBAGIAN
AKTIFITAS-AKTIFITASNYA
LIMITASI PERDAGANGAN:
- TARIF
PAJAK, PEMBEBANAN ATAS BEA MASUK
ATAS PRODUK-PRODUK ASING DISEBUT SEBAGAI SUATU TARIFF
- KUOTA ADALAH MEMBATASI SUATU PRODUK YANG DAPAT DIIMPOR OLEH SEBUAH NEGARA
SELAMA JANGKA WAKTU TERTENTU, HAL INI DAPAT MENJADI LANGKAH PREVENTIF
TERJADINYA DUMPING DIMANA SALAH SATU BENTUKNYA SUATU PERUSAHAAN MENGEKSPOR PRODUK DALAM JUMLAH BESAR DENGAN HARGA YANG LEBIH RENDAH
DARIPADA PRODUK YANG SAMA DI PASAR
NEGARA ASAL DIMANA AKAN
MENDORONG TURUNNYA HARGA PRODUK
DIPASAR DOMESTIK
- PENGENDALIAN
NILAI TUKAR (EXCHANGE COMTROL),PENGENDALIAN NILAI TUKAR YANG DITETAPKAN
MELALUI BANK SENT RAL ATAU
BADAN PEMERINTAH MEMPENGARUHI IMPORTIR MAUPUN EKSPORTIR, DIMANA PERUSAHAAN YANG
MENDAPATKAN UANG ASING MELALUI EKSPOR DIHARUSKAN MENJUALNYA KEMBALI KEPADA BANK SENTRAL ATAU BADAN LAINNYA
ORGANISASI-ORGANISASI DALAM MEMAJUKAN PERDAGANGAN INTERNASIONAL
1.
GATT
(GENERAL AGREEMENT ON TARIFF AND
TRADE) YAITU SUATU PERSETUJUAN
PERDAGANGAN INTERNASIONAL , MENSPONSORI
SERANGKAIAN NEGOSIASI YANG
DISEBUT PUTARAN (ROUND) YANG MAMPU MENGURANGI
TARIF DAN RINTANGAN-RINTANGAN LAIN
SECARA SUBSTANSIAL DISELURUH DUNIA,
NEGARA-NEGARA INDUSTRI BESAR
MENDIRIKAN ORGANISASI MULTINASIONAL INI
PADA TAHUN 1974 UNTUK MENGURANGI
DAN MELONGGARKAN KUOTA IMPOR
. RANGKAIAN NEGOSIASI
TERAKHIR URUGUAY ROUND MEMOTONG
SEPERTIGA TARIF RATA-RATA SEBESAR LEBIH DARI $700 MILIAR
2.
WTO (WORLD
TRADE ORGANIZATION) MERUPAKAN
ORGANISASI BARU MENGGANTIKAN GATT YANG LAHIR PADA PERJANJIAN TERAKHIR YANG
MELIPUTI 145 NEGARA. ADAPUN YANG
DIMAKSUD DENGAN WTO ITU SENDIRI
MERUPAKAN INSTITUSI INTERNASIONAL
BERANGGOTAKAN 145 NEGARA YANG
MENGAWASI KESEPAKATAN-KESEPAKATAN GATT
DAN MENENGAHI MASALAH PERSELISIHAN
PERDAGANGAN INTERNASIONAL
- BANK
DUNIA, DIMANA BANK INI LAHIR
SETELAH PERANG DUNIA II YANG
DIPRAKARSAI OLEH KELOMPOK NEGARA-NEGARA INDUSTRI YANG BERTUJUAN
MEMINJAMKAN UANG PADA NEGARA-NEGARA YANG KURANG DAN SEDANG BERKEMBANG WALAUPUN TUDINGAN
DATANG KARENA MEMBERIKAN PINJAMAN DENGAN PERSYARATAN YANG PADA AKHIRNYA
MALAH MERUGIKAN NEGARA
PEMINJAMNYA.
- DANA
MONETER INTERNASIONAL (INTERNATIONAL MONETERY FUND), YANG DIDIRIKAN SETAHUN
SETELAH WORLD BANK, YANG BERTUJUAN UNTUK MEMPROMOSIKAN PERDAGANGAN RINTANGAN-RINTANGAN YANG
ADA, IMF MEMBRRIKAN PINJAMAN-PINJAMAN JANGKA PENDEK KEPADA NEGARA-NEGARA
ANGGOTA YANG TIDAK MAMPU
MEMENUHI PENGELUARAN
ANGGOTANYA
KOMUNITAS EKONOMI
INTERNASIONAL
KOMUNITAS EKONOMI
INTERNASIONAL DALAM KONTEK MENGURANGI PERDAGANGAN DAN MEMPROMOSIKAN INTEGRASI
EKONOMI REGIONAL, DALAM KERANGKA INI BEBERAPA NEGARA DAPAT MENCIPTAKAN SUATU WILAYAH PERDAGANGAN BEBAS SEPERTI:
1.
NAFTA: ZONA PERDAGANGAN BEBAS AMAERIKA UTARA (NORTH
AMERICA FREE TRADE AGREEMENT) YANG DIBENTUK OLEH AMERIKA SERIKAT, KANADA DAN
MEKSIKO PADA TAHUN 1994
2.
UNI
EROPA (EUROPIAN UNION-EU) YANG TERDIRI
ATAS 25 NEGARA, LEBIH ADARI 450 JUTA JIWA DAN TOTAL PDB YANG
MELEBIHI $12 TRILIYUN UNTUK MEMBENTUK SATU PASAR BERSAMA YANG SANGAT BESAR
TINGKAT KETERLIBATAN:
- IMPORTIR
DAN EKSPORTIR
- COUNTERTRADE,
YAITU: PERDAGANGAN INTERNASIONAL
DALAM JUMLAH CUKUP BESAR MELIBATKAN PEMBAYARAN BERUPA PRODUK LOKAL, BUKAN MATA
UANG (BARTER), HAL INI DILAKUKAN KARENA KURANGNYA AKSES MATA UANG ASING YANG DIBUTUHKAN, UNTUK MENCAPAI PERJANJIAN
PENJUALAN INTERNASIONAL, PENJUAL DAPAT
MENYETUJUI UNTUK MENERIMA
SEBAGAIAN BIAYA PEMBELIAN DALAM BENTUK MATA UANG DAN SISANYA DALAM BENTUK
BARANG DAGANGAN LAIN
- PERJANJIAN
KONTRAKTUAL, HAL INI TERJADI KETIKA
SEBUAH PERUSAHAAN BAIK ITU
BESAR MAUPUN KECIL MENDAPATKAN CUKUP
PENGALAMAN DALAM PENJUALAN
INTERNASIONAL, MAKA PERUSAHAAN TERSEBUT
DAPAT MEMUTUSKAN UNTUK
MEMASUKI PERJANJIAN KONTRAKTUAL DENGAN MITRA-MITRA LOKAL.
- INVESTASI
LANGSUNG INTERNASIONAL YAITU MELAKUKAN
INVESTASI LANGSUNG PADA
OPERASI PRODUKSI DAN PEMASARAN DI
SUATU NEGARA ASING MERUPAKAN TINGKAT TERATAS KETERLIBATAN GLOBAL
- JOINT
VENTURE, MEMUNGKINKAN PERUSAHAAN BERBAGI
RESIKO, BIAYA, LABA DAN TANGGUNG JAWAB MANAJEMEN DENGAN SATU
ATAU LEBIH WARGA NEGARA-NEGARA TUAN RUMAH
KESEPAKATAN KONTRAKTUAL
DALAM BENTUK:
- WARALABA (FRANCHISING) ADALAH SUATU PERJANJIAN
KONTRAKTUAL DIMANA DISTRIBUTOR
ATAU PENGECER SELAKU FRANCHISE MEMILIKI HAK UNTUK MENJUAL
PRODUK-PRODUK PEMEGANG WARALABA (FRANCHISOR) DENGAN NAMA PERUSAHAAN TERSEBUT, JIKA MEREKA MENYETUJUI BEBERAPA PERSYARATAN
OPERASIONAL YANG BERLAKU, FRANCHISE
JUGA DAPAT MENERIMA LAYANAN PEMASARAN, MANAJEMEN DAN BISNIS DARI
FRANCHISOR
- LISENSI
ASING (FOREIGN LICENSING
AGREEMENT), YAITU; SUATU PERUSAHAAN
MEMPERKENANKAN PERUSAHAAN LAIN UNTUK MEMPRODUKSI ATAU MENJUAL PRODUKNYAATAU MEREK DAGANG, HAK PATEN, ATAU
PROSES MANUFACTURNYA DI
DALAM SUATU WILAYAH
GEOGRAFIS TERTENTU , SEBAGAI KOMPENSASINYA PERUSAHAAN TERSEBUT MENDAPATKAN ROYALTY ATAU KOMPENSASI LAIN
- SUBKONTRAK
(SUBCONTRACTING), HAL INI
MENYANGKUT PENGONTRAKAN PERUSAHAAN-PERUSAHAAN LOKAL
UNTUK MEMPRODUKSI,
MENDISTRIBUSIKAN ATAU MENJUAL BARANG ATAU JASA, CARA INI9
MEMUNGKINKANN PERUSAHAAN ASING UNTUK MENGAMBIL KEUNTUNGAN DARI KEAHLIAN SUBKONTRAKTOR YANG MELIPUTI BUDAYA DAN REGULASI SETEMPAT
STRATEGI BISNIS
INTERNASIONAL
- STRATEGI
BISNIS GLOBAL YAITU: MENAWARKAN
PRODUK GLOBAL YANG TERSTANDARISASI
DAN MENJUALNYA DENGAN CARA YANG PADA DASARNYA SAMA
DENGAN YANG DILAKUKAN
PERUSAHAAN DI PASAR DOMESTIK ASING
- STRATEGI BISNIS
MULTIDOMESTIK YAITU MENGEMBANGKAN DAN MEMASARKAN
PRODUK-PRODUK UNTUK MELAYANI
BERBAGAI JENIS KEBUTUHAN DAN SELERA YANG BERBEDA DARI PASAR-PASAR NASIONAL YANG TERPISAH
SISTEM HUKUM DAN BADAN
ADMINISTRASI
SISTEM PERADILAN ADALAH: CABANG PEMERINTAH YANG
DITUGASI UNTUK MENYELESAIKAN
PERSELISIHAN DI ANTARA PARA PIHAK MELALUI PENERAPAN HUKUM.
HUKUM TERDIRI ATAS STANDAR-STANDAR
YANG DIBUAT OLEH PEMERINTAH DAN MASYARAKAT
DAN DINYATAKAN DALAM BENTUK UNDANG-UNDANG ATAU ADAT ISTIADAT. PRINSIP
REGULASI, ATURAN DAN ADAT ISTIADAT SECARA LUAS YANG MENGATUR TINDAKAN DARI SELURUH ANGGOTA MASYARAKAT
SUMBER HUKUM
- HUKUM ADAT (COMMON LAW) MENGACU KEPADA HUKUM YANG TIMBUL DARI
PUTUSAN-PUTUSAN PENGADILAN YANG BEBERAPA DIANTARANYA DAPAT DILACAK HINGGA KE INGGRIS LAMA
- UNDANG-UNDANG (STATUTORY LAW) ATAU HUKUM TERTULIS YANG
MERUPAKAN KONSTITUSI DAERAH DAN PUSAT, PERUNDANG-UNDANGAN LEGISLATIF,
PAKTA PEMERINTAHAN PUSAT DAN ORDONANSI/PERATURAN PEMERINTAH LOKAL.
- DENGAN TUMBUH PEREKONOMIAN GLOBAL, PENGETAHUAN AKAN HUKUM INTERNASIONAL MENJADI SUATU
HAL YANG SANGAT PENTING.
HUKUM INTERNASIONAL MENGACU
PADA SEJUMLAH PERATURAN YANG
MENGATUR PERDAGANGAN INTERNASIONAL.
Komentar